PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 105291 SAENTIS TAHUN AJARAN 2015/2016”.

Siregar, Mariati (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 105291 SAENTIS TAHUN AJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 COVER.docx.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 ABSTRACT.docx.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 APPENDICES.docx.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 BIBLIOGRAPHY.docx.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 ILLUSTRATION.docx.pdf - Published Version

Download (2kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 PREFACE.docx.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 TABELS.docx.pdf - Published Version

Download (2kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 TABLE OF CONTENT.docx.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 CHAPTER I.docx.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1122111009 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 105291 Saentis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas IVB yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada pokok bahasan kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah. Alat pengumpuan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pokok bahasan kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah. Hasil penelitian padapre test, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 39,99 dari 30 siswa bahwa 3 siswa (10%) tuntas dan 27 siswa (90%) siswa tidak tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat yaitu menjadi 66,5 di mana 17 siswa tuntas (56%) dan 13 siswa (43,33%) tidak tuntas. Maka dilaksanakan siklus II, dan hasilnya mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata menjadi 74,3 dimana 26 siswa (86,67%) tuntas dan 4 siswa (13,33%) tidak tuntas. Dari peningkatan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah di kelas IVB SD Negeri 105291 Saentis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurniayani, 196111111988032001
Call Number: SK-2016 PGSD 056
Keywords: Model Pembelajaran;take and Give;IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6741

Actions (login required)

View Item View Item