MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KUMON DI KELAS IV SDN 135563 TANJUNG BALAI T.A 2015/2016

aulia, wyndha (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KUMON DI KELAS IV SDN 135563 TANJUNG BALAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123111102 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123111102 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123111102 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123111102 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123111102 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123111102 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123111102 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123111102 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123111102 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123111102 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123111102 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan model kumon di kelas IV SDN. 135563 TanjungBalai T.A 2015/2016. Rumusan masalah pada peneelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Pembelajaran kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan penguranan pecahan di kelas IV SDN. 135563 Tanjung Balai T.A 2015/2016. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah subjek penelitian 39 siswa yang berasal dari siswa kelas IV SDN 135563 Tanjung Balai pada tahun ajaran 2015/2016. Dimana kegiatan berlangsung ketika pembelajaran matematika. Untuk memproleh data penelitian ini menggunakan tes dan juga lembar observasi. Setelah melaksanakan siklus I dengan menggunakan model kumon, diproleh tingkat ketuntasan klasikal siswa adalah 21 orang atau 53,85% dengan rata-rata 62,8718 atau sebanding dengan rendah begitu pula dengan penerapan model kumon yang digunakan guru masih buruk dengan nilai 42,23%.Setelah melaksanakan siklus II dengan menggunakan model kumon, diproleh ketuntasan klasikal adalah 34 siswa atau 84,64% dengan rata-rata 84,4615 atau sebanding dengan sangat tinggi begitu pula dengan nilai guru yang sudah sangat baik dengan rata rata 80,5%. Pada siklus I pada penerapan model kumon oleh guru dapat dikatakan kategori buruk dan diikuti dengan hasil belajar siswa yang rendah. Sedangkan pada siklus II pada penerapan model kumon oleh guru dapat dikatakan kategori sangat baik dan diikuti dengan hasil belajar yang sangat baik pula. Maka dari itu hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan model pembelajaran kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: SK- 2016 PGSD 146
Keywords: Pembelajaran Kumon ; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6740

Actions (login required)

View Item View Item