MENINGKATKAN HASIL BELAJ SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUAL, REPETITION (AIR ) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016.

Manik,, Hariati (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJ SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUAL, REPETITION (AIR ) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.Cover.pdf]
Preview
Text
1.Cover.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 2. pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 3. abstrak.pdf]
Preview
Text
3. abstrak.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 5.1 daftar tabel.pdf]
Preview
Text
5.1 daftar tabel.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 5.2 daftar gambar.pdf]
Preview
Text
5.2 daftar gambar.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 5.3 daftar grafik.pdf]
Preview
Text
5.3 daftar grafik.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 5.4 daftar lampiran.pdf]
Preview
Text
5.4 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 6 BAB 1.pdf]
Preview
Text
6 BAB 1.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB V.pdf]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Pokok Sumber-sumber energi panas dan perpindahanya di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kemampuan guru dalam memilih model pemelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan mendengar, berpikir dan mengingat siswa
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran auditory, intellectual, repetition (AIR) pada mata pelajaran IPA materi pokok sumber–sumber energi panas dan perpindahanya di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 106163 Bandar Klippa dengan jumlah siswa 33 orang siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan
Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada pre tes hasil yang diperoleh dari 33 siswa terdapat 4 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas, dengan persentase (12,12%) dan sebanyak 29 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase (87,88%). Pada tes siklus I terdapat 19 orang siswa mendapat nilai tuntas dengan persentase (57,58%) dan sebanyak 14 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (42,42%). Dan pada tes siklus II terdapat 29 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (87,88%) dan sebanyak 4 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (12,12%). Melihat ketuntasan yang diperoleh >85% maka secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran auditory, intellectual, repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi pokok sumber–sumber energi panas dan perpindahanya di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 104
Keywords: Hasil Belajar;Model Pembelajaran;IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:56
Last Modified: 22 Jul 2016 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6734

Actions (login required)

View Item
View Item