HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 010225 LAUT TADOR T.A 2015/2016

Lubis, Nelisma (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 010225 LAUT TADOR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123111059 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123111059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123111059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123111059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123111059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123111059 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123111059 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123111059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1123111059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123111059 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah adakah hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador 2015/2016. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador yang berjumlah 43 orang. Sanpel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang dengan menggunakan teknik sampel total. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar sebanyak 21 butir pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta studi dokumetasi (nilai raport). Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diketahui bahwa motivasi belajar IPS siswa di kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador pada indikator adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya pengahargaan dalam belajar dan lingkungan belajar yang kondusif tergolong kategori tinggi dengan rentang skor antara 2,6 – 3,5. Sedangkan pada indikator adanya kegiatan belajar yang menarik, adanya harapan dan cita-cita masa depan tergolong kategori rendah dengan rentang skor antara 1,6 – 2,5. Dan jika dijumlahkan rata-rata setiap indikator adalah 2,7 atau tergolong kategori tinggi. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador T.A 2015/2016 tergolong kategori tinggi. dan prestasi belajar IPS siswa tergolong cukup dengan rata-rata nilai sebesar 74,53. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rxy > rtabel yaitu 0,607> 0,301 maka terdapat koerlasi dengan arah positif. Berdasarkan Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,880 > 2,01 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dan diperoleh kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 36,7%. Dalam hal ini berarti hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa SD Negeri 010225 Laut Tador T.A 2015/2016” diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa akan memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 010225 Laut Tador T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Rahim195406021979031002
Call Number: SK-2016 PGSD 125
Keywords: Prestasi Belajar; Motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6728

Actions (login required)

View Item View Item