UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA KELAS IV SDN 101777 SAENTIS T.A 2015/ 2016

Tambunan, Mastiur (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA KELAS IV SDN 101777 SAENTIS T.A 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123311042_COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123311042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123311042_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM. 1123311042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123311042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123311042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123311042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123311042_BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123311042_BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123311042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 101777 Saentis dengan tujuan untuk membuktikan apakah penerapan model pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn dengan sub pokok bahasan Sikap Terhadap Globalisasi di Lingkungan sekitar di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi berupa chek-list motivasi siswa. Hasil penelitian dari lembar observasi motivasi belajar siswa diketahui bahwa pada siklus I pertemuan I diperoleh hanya 1 orang yang termotivasi dengan persentase 3,33% dan selebihnya sebanyak 4 orang cukup termotivasi dengan persentase 13,33% serta 25 orang masih belum termotivasi dengan persentase 83,33%. Pada siklus I pertemuan terjadi peningkatan yaitu 5 siswa telah termotivasi dengan persentase 16,67%, 12 siswa yang cukup termotivasi dengan persentase 40% dan sisanya sebanyak 13 siswa masih belum termotivasi dengan persentase 43,33%. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II maka hasil motivasi siswa pun menjadi semakin meningkat yaitu pada siklus II pertemuan I sebanyak 3 orang sangat termotivasi dengan persentase 10%, 16 siswa yang termotivasi dengan persentase 53,33%, 9 orang cukup termotivasi dengan persentase 30% dan selebihnya 2 orang belum termotivasi dengan persentase 6,67%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II sebanyak 14 siswa sangat termotivasi dengan persentase 47% dan selebihnya 16 siswa dengan persentase 53% termotivasi. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menerapkan model Learning Starts With A Question ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKaro-karo, Demmu19581007198511001
Call Number: SK-2016 PGSD 075
Keywords: Motivasi; Model Pembelajaran; Question
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6716

Actions (login required)

View Item View Item