MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 162107 KECAMATAN BAJENIS TEBING TINGGI

manik, silvia nirwana (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 162107 KECAMATAN BAJENIS TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1122111020 COVER.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1122111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1122111020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1122111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1122111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1122111020 TABLES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1122111020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1122111020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1122111020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1122111020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1122111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnyamotivasi belajar siswa pada pelajaran IPS dengan materi pokok sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranmake a match pada pelajaran IPS dengan materi pokok sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Jenis penelitian ini adalah ”Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 162107 Kecamatan Bajenis Tebing Tinggi yang berjumlah 25orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 14 orang perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan motivasi belajar IPS. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah motivasi belajar mengajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan hasil motivasi belajar siswa pada persentase motivasi belajar siswa dan hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatan setiap pertemuan. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 57,75 dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 65,4. Sedangkan pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 73,5 dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 85,05. Jumlah siswa yang termotivasi pada setiap indikator motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Siklus I pertemuan I jumlah siswa yang termotivasi adalah 8 orang dengan persentase 32% serta observasi aktivitas guru 62,5 %dan pada pertemuan II jumlah siswa yang termotivasi ada 12 orang dengan persentase 48% serta observasi aktivitas guru 71,25%, pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang termotivasi adalah 19 orang dengan persentase 76% serta observasi aktivitas guru 80 %dan pada pertemuan II jumlah siswa yang aktif adalah 25 orang dengan persentase 100% serta observasi aktvitas guru 92,25%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa akan meningkat jika diterapkan model pembelajaranMake a Match pada mata pelajaran IPS materi pokok sumber daya alam dan kegiatan ekonomi di kelas IV Sd Negeri 162107 Kecamatan Bajenis Tebing Tinggi. Disarankan agar guru menggunakan model pembelajaranMake a Match dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi pokok sumber daya alam dan kegiatan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusnadi, -196101091987031003
Call Number: SK- 2016 PGSD 081
Keywords: Pembelajaran Make a Match ; IPS ;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6707

Actions (login required)

View Item View Item