HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 105297 HELVETIA TAHUN AJARAN 2015/2016

annisa, (2016) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 105297 HELVETIA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
0. COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa yang menggambarkan tujuan pendidikan dalam proses pembelajaran diperoleh hasil yang tidak optimal. Salah satu hal yang menyebabkan tinggi rendahnya prestasi belajar IPS siswa adalah pemanfaatan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS siswa di SD Negeri 105297 Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 105297 Helvetia Tahun Ajaran 2015/2016 dengan populasi sebanyak 30 orang siswa yaitu satu kelas siswa kelas IV. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa atau total unit populasi dengan teknik sampling yaitu sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah angket pemanfaatan perpustakaan sebanyak 20 butir pertanyaan dengan skala linkert telah dinyatakan valid dan reliabel serta studi dokumentasi (nilai raport). Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran bahwa pemanfaatan perpustakaan oleh siswa kelas IV SD Negeri 105297 Helvetia T.A. 2015/2016 sebagian besar dari 30 siswa hanya terdapat 24 orang siswa (80%) memanfaatkan perpustakaan dengan baik, serta prestasi belajar IPS siswa terdapat sebanyak 25 orang siswa (83,3%) yang memiliki nilai prestasi belajar IPS tergolong cukup. Hasil analisis korelasi antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar IPS siswa diperoleh rxy atau rhitung yaitu 0,765. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan nilai rtabel α = 0,05 (0,361) maka rxy > rtabel terdapat korelasi yang positif dan hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,286 > 1,701 sehingga penelitian signifikan, maka hipotesis dapat diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 105297 Helvetia T.A. 2015/2016. Hal ini memiliki makna bahwa apabila siswa memanfaatkan perpustakaan dalam kegiatan belajarnya dengan baik maka siswa dapat memperoleh dan meningkatkan prestasi belajarnya yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Sorta195906101985032001
Call Number: SK- 2016 PGSD 084
Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan ; Prestasi Belajar IPS Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item