INOVASI BAHAN AJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Avolita, Cianny (2016) INOVASI BAHAN AJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136142004 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136142004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136142004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136142004 TABLE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136142004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136142004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136142004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh inovasi bahan ajar kimia pada pokok bahasan kesetimbangan kimia berdasarkan kurikulum 2013 terintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan kesetimbangan kimia. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Bahan ajar penerbit A dianalisis berdasarkan kurikulum 2013 oleh dosen dan guru. Hasil analisis bahan ajar penerbit A berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata 2,46 adalah valid, artinya sudah layak dan sebagian isi bahan ajar perlu direvisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan dinilai oleh dosen dan guru. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan kurikulum 2013 dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil analisis berdasarkan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata sebesar 3,53 adalah valid artinya sangat layak digunakan dan tidak perlu revisi. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 3,38 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 3,37 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 3,40 adalah valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia inovatif yang telah dikembangkan, sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang telah ada sebelumnya. Nilai rata-rata gain ternormalisasi pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,62 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,76.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Call Number: 540.071 2 Mar i
Keywords: Bahan ajar kimia; Kesetimbangan kimia; Kuirkulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jul 2016 06:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item