HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO. 101771 TEMBUNG

royani, alvi (2016) HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO. 101771 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 1121111001 COVER .pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 1121111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 1121111001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 1121111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 1121111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 1121111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 1121111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 1121111001 BAB I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 1121111001 BAB V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1121111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah adakah hubungan pemberian Reinforcement dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian Reinforcement dengan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri No. 101771 Tembung. Reinforcement (penguatan) adalah suatu respon baik berupa verbal maupun non-verbal, yang diberikan terhadap suatu tingkah laku yang dapat meningkatkan keinginan untuk mengulangi tingkah laku tersebut kembali. Motivasi belajar siswa adalah daya penggerak dari dalam maupun luar diri siswa yang melakukan kegiatan belajar untuk menghasilkan perubahan tingkah laku belajar yang baru demi tercapainya tujuan belajar siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 101771 Tembung dengan populasi sebanyak 50 orang dan sampel diambil dari keseluruhan populasi (total sampling) yaitu 50 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dari masing-masing variabel dengan menggunakan skala likert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran pemberian reinforcement secara verbal pada kategori sangat baik (mean = 3,4), secara non verbal pada kategori baik (mean = 3,01). Motivasi belajar siswa dalam aspek tekun dan ulet berada pada kategori baik (mean = 3,23), aspek minat yang tinggi juga berada pada kategori baik (mean = 3,12), pada aspek mandiri berada pada kategori baik (mean = 3,22) dan aspek hasrat juga pada kategori baik (mean = 3,04). Hasil analisis korelasi antara pemberian reinforcement dengan motivasi belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,743. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan rtabel α = 0,05 (0.284) maka terdapat korelasi dengan arah positif. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai 7,68 dan dengan membandingkan kepada nilai ttabel α = 0,05 (1,67) maka hipotesis dapat diterima, ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pemberian reinforcement dengan motivasi belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik pemberian reinforcement (penguatan), maka semakin baik motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Sorta195906101985032001
Call Number: SK- 2016 PGSD 145
Keywords: Reinforcement ; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6604

Actions (login required)

View Item View Item