UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD SUBSIDI BUDI RAHAYU PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Ritonga, Nurhafni (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD SUBSIDI BUDI RAHAYU PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313241 COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 BAB I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313241 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Subsidi Budi Rahayu Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Subsidi Budi Rahayu Percut Sei Tuan yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan,yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi/refleksi.Sebelum dilakukan tindakan, terlebih dahulu peneliti melakukan observasi awal terhadap siswa, dan terlihat hanya 10 orang siswa (37,03%) yang aktif dan 17 orang siswa (62,96%) tidak aktif. Setelah dilakukan tindakan siklus I oleh peneliti, maka terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa yaitu didapat 18 orang siswa (66,67%) dinyatakan aktif dan 9 orang siswa (33,33%) tidak aktif. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II terlihat bahwa aktivitas belajar siswa semakin meningkat yaitu 23 orang siswa (85,18%) dinyatakan aktif dan hanya 4 orang siswa (14,81%) yang tidak aktif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Subsidi Budi Rahayu Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGultom, Ibrahim195707041986011001
Call Number: 372.2 Rit u
Keywords: Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6600

Actions (login required)

View Item View Item