MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD. NEGERI 101770 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2012/2013

Sari, Yulinda Purnama (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD. NEGERI 101770 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313409 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313409 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa bila Model Pembelajaran Induktif diterapkan pada Materi Sifat - Sifat Benda di kelas IV SD Negeri 101770 Tembung Tahun Ajaran 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101770 Tembung yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar, dalam pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Induktif Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan Model Pembelajaran InduktifPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan tes hasil belajar terhadap siswa untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data pada pre test diperoleh 3 orang siswa mendapat nilai 80 ( 15 % ) kategori tinggi ( tuntas ), 1 orang siswa mnedapat nilai 70 ( 5 % ) kategori sedang ( tuntas ) dan 16 orang siswa lagi ( 80 % ) mendapat nilai 10 ada 3 orang, 20 ada 2 orang, 30 ada 4 orang, 40 ada 3 orang termasuk kategori rendah ( tidak tuntas ), dengan nilai rata – rata 45. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 11 orang siswa ( 55%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar denga nilai 70 ada 3 orang, 80 ada 4 orang, 90 ada 1 orang, dan 9 orang siswa ( 45 % ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yaitu dengan nilai 30 ada 2 orang, 40 ada 3 orang, 50 ada 2 orang, 60 ada 3 orang, dengan nilai rata – rata 61. Sedangkan hasil tes pada siklus II diperoleh 18 orang siswa ( 90 % ) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai 70 ada 7 orang, 80 ada 7 orang, nilai 90 ada 4 orang, dan 2 orang siswa ( 10 % ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yaitu dengan nilai 50 ada 1 orag, 60 ada 1 orang, dengan nilai rata – rata 76.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Induktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101770 Tembung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Induktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat - sifat benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.2 Sar m
Keywords: Hasil belajar; model pembelajaran induktif; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item