PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 056000 KAMPUNG BARU STABAT KABUPATEN LANGKAT T.A 2011/2012

Indriani, Ike (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 056000 KAMPUNG BARU STABAT KABUPATEN LANGKAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313137 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHANN.pdf - Published Version

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313137 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313137 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313137 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313137 BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313137 BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313137 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 056000 Kampung Baru StabatKabupaten Langkat, dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswadalam proses pembelajaran PKn khususnya pokok bahasan globalisasi denganmenggunakan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalampenelitian iniadalah siswa kelas IV SD Neger i 056000 Kampung Baru Stabatkabupaten langkat pada tahun ajaran 2011/2012. Dengan jumlah siswa sebanyak29 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan.Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya penerapan pendekatankontekstual untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasanpengeruh globalisasi kelas IV SD Negeri 056000 Kampung Baru StabatKabupaten Langkat T.A 2011/2012.Berdasarkan analisis data diperoleh bahawa aktivias belajar belajar siswadari 29 orang siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan kearah lebih baik,dimana pada prasiklus skor aktivitas belajar siswa yang sangat aktif diperoleh55.06% berada di keriteria kurang aktif, siklus I rata-rata skor indikatot 65,24%berada di indikator cukup aktif, selanjutnnya pada siklus II rata-rata indikatoraktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 82,1% berada di ker iteriaaktif. Dari hasil tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa aktivitas belajar siswamengalami perubahan yang sangat baik, dan secara klasikal aktivitas belajar siswadapat dikatakn berhasil karena siswa yang sangat aktif belajar lebih dari 80%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa setelah dilaksanakannya proses pembelajaran pada pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi kelas IV SD Neger i 056000 Kampung Baru Stabat Kabupaten Langkat T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRangkuti, IrsanUNSPECIFIED
Call Number: 372.2 Ind p
Keywords: Pendekatan Kontekstual; Aktivitas Belajar; PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6580

Actions (login required)

View Item View Item