MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 050737 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2011 /2012

Hajar, Siti (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 050737 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2011 /2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313328 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313328 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313328 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313328 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313328 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313328 BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313328 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313328 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini melen gkap i kegiatan untuk menin gkatkan h asil b elajar IPA siswa dengan menggunakan model jigsaw p ada materi p okok p esawat sederana di kelas V SDN 050737 Tanjun g Pura Tahun Ajaran 2011 / 2012. Adap un y ang menjad i rumusan masalah dalam p enelitian in i ad alah Ap akah den gan men ggunakan metode koop eratif tip e jigsaw d ap at menin gkatkan hasil b elajar siswa p ada materi p okok p esawat sederhana di kelas V SDN 050737 Tanjun g Pura tahun ajaran 2011/2012? Tujuan p enelitian in i ad alah Den gan men ggun akan M etode koop eratif Tip e Jigsaw dap at meningk atkan hasil belajar siswa p ada p elajaran IPA materi p okok p esawat sederhana di kelas V SDN 050737 Tanjun g Pura Kab. Lan gkat T.A 2011/2012 dengan jumlah 30 oran g siswa.Penelitian men ggunakan d esain PTK dengan tindakan p embelajar an mod el jigsaw. Data dikump ulkan den gan men ggun akan tes dan observ asi. Untuk men getahui p erubahan hasil belajar siswa. Data dianalisis den gan men ggun akan p ersentase dan analisis kualitatif . Berdasarkan analisis data dip eroleh Pada saat diberikan p retes dip eroleh tingk at ketuntasan secara klasik al dar i 30 oran g siswa dip eroleh tingkat ketuntasan klasikal sebany ak 4 orang siswa 13% mendap at nilai tuntas, dan sebany ak 26 orang siswa 87% mendap at nilai belu m tuntas dengan nilai rata-rata 52,33. Pad a siklus I terdap at terdap at sebany ak 18 oran g siswa 60% mendap at nilai tuntas, dan sebany ak 12 oran g siswa 40% mendap at nilai belum tuntas dengan r ata-rata nilai r ata-rata 67,33. Pad a siklus II dip eroleh tingk at ketuntasan klasikal seb any ak 28 oran g siswa 93,3% y ang mend ap at nilai tuntas, dan sebany ak 2 orang siswa 6,7% y ang tuntas dengan nilai rata-rata 87,3.Dengan d emik ian maka d ap at disimp ulkan bahwa p enggunaan metode koop eratif jigsaw dap at menin gkatkan hasil b elajar siswa p ada mata p elajaran IPA materi Pesawat sederhan a d i kelas I V SDN 050737 Tanjun g Pura Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGinting, Masta195505251981032001
Call Number: 372.2 Haj m
Keywords: Hasil Belajar; Siswa; Pembelajaran Tipe Jigsaw; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6560

Actions (login required)

View Item View Item