PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.A 2011/2012

Rahmayani, Nia (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313222 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313222 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi pokok Jasa dan peranan para tokoh perjuangan dalam memepersiapkan kemerdekaan Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Jasa dan peranan para tokoh perjuangan dalam memepersiapkan kemerdekaan Indonesiadengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing-masing pertemuan dilaksanakan dengan alokasi waktu 2x35 menit.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 101769 Tembung yang berjumlah 30 orang siswa.Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar, dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.Hasil penelitian dari 30 orang siswa, siswa yang tuntas belajar pada kondisi awal hanya 7 orang siswa (23,33%) dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 23 orang siswa (76,67%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 46,67. Sementara KKM untuk mata pelajaran IPS yang ditetapkan di SD Negeri 101769 Tembung yaitu 65 jadi siswa dapat dikatakan tuntas belajar jika memperoleh nilai≥ 65 dan suatu kelas dikatakan tuntas apabila PKK mencapai ≥ 80%.Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas menjadi sebanyak 16 orang siswa (53,33%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 orang siswa (46,67%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 63,33. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 orang siswa (86,67%) dan siswa yang belum tuntas tinggal 4 orang siswa (13,33%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 80,33.Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh dari 30 orang siswa, maka dapat dilihat bahwa setelah dilakukanya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Jasa dan peranan para tokoh perjuangan dalam memepersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 101769 Tembung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNasriah, 195712271984032003
Call Number: 372.2 Rah p
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Tipe Make A Match; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6554

Actions (login required)

View Item View Item