MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS V SD NEGERI NO 105325 DALU X-A KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Barus, Kharyanta (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS V SD NEGERI NO 105325 DALU X-A KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313165 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313165 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 105325 Dalu X-A dengan menggunakan media pembelajaran Mind Mapping dengan sasaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS dengan materi pokok Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri No. 105325 Dalu X-A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri No. V SD Negeri No 105325 Dalu X-A Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Jumlah siswa yang menjadi sampel penelitian ini adalah 37 orang dimana laki-laki 18 orang siswa dan perempuan 19 orang siswa yang seluruhnya berasal dari kelas VI SD Negeri No. V SD Negeri No 105325 Dalu X-A Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2011/2012 pada saat kegiatan sedang berlangsung. Tahapan yang dilakukan terdapat dua siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi adalah dengan melakukan tes awal untuk pertama kalinya. Dari hasil pretes tersebut, diperoleh bahwa siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sebanyak 1 orang atau 2,70 % dan sebanyak 36 siswa atau 97,29 % belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan dengan nilai rata-rata 38,10. Tahap selanjutnya dilakukan tes siklus I dan diperoleh nilai rata-rata siswa 61,6 dengan tingkat belajar secara klasikal sebanyak 15 siswa (40,54 %). Kemudian dilakukan tes pada siklus II diperoleh bahwa dari 37 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 33 siswa (89,18%) dan sebanyak 4 siswa (10,81%) belum mencapai tinngkat ketuntasan. Dari ketuntasan secara klasikal pada siklus II diperoleh sebesar 89,18 %. Dari hasil temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri No 105325 Dalu X-A Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Rosliana195104251976032001
Call Number: 372.2 Bar m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Pebelajaran Mind Mapping; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6542

Actions (login required)

View Item View Item