UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA MATERI GAYA MAGNET DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 047176 SIRUMBIA

Saragih, Martina (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA MATERI GAYA MAGNET DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 047176 SIRUMBIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
10981182 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10981182 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10981182 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10981182 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10981182 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10981182 BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10981182 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10981182 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada aspek kognitif materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 047176 Sirumbia Kabupaten Karo . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif materi gaya magnet serta untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimenJenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi/evaluasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan metode eksperimen, lembar catatan lapangan, dan tes objektif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 047176 Sirumbia 2011/2012 dengan jumlah siswa 26 orang. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil investigasi terhadap kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dari Kepala Sekolah. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pada saat pretes sebesar 38,85 dan meningkat menjadi 59,61 pada siklus I, kemudian pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 82,31. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar mencapai 61,54%. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 92,31% atau dengan kata lain setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar diatas 80%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 047176 Sirumbia tahun ajaran 2011/2012.Untuk itu penulis sarankan kepada guru-guru Sekolah Dasar agar menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran Sains, khususnya materi gaya magnet. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.2 Sar u
Keywords: Hasil Belajar Siswa; SAINS; Gaya Magnet; Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6533

Actions (login required)

View Item View Item