PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 106455 TANAH BESIH T.A. 2011/2012

Ginting, Filla Wati (2012) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 106455 TANAH BESIH T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113028 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi di kelas IV SDN 106455 Tanah Besih. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 106455 Tanah BesihSubjek dalam penleltian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 106455 Tanah Besih yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing-masing pertemuan dilakukan selama 35 menit. Dalam setiap siklus akan dilakukan 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini yaitu lembar observasi untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa.Analisis data yang diperoleh pada siklus I, terdapat hasil observasi yang dilakukan guru kelas terhadap cara mengajar peneliti adalah 52,5% dan peningkatan motivasi belajar siswa terdapat 9 orang (33,33%) yang termotivasi serta 18 orang (66,66%) yang belum termotivasi. Sedangkan pada siklus II terdapat hasil observasi yang dilakukan guru terhadap cara mrngajar peneliti adalah 92,5% dan peningkatan motivasi belajar siswa terdapat 22 orang (81,4%) yang termotivasi serta 5 orang (18,51%) yang belum termotivasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi ajar Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi dengan menggunakan strategi pembelejaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri 106455 Tanah Besih, Kabupaten Serdang Bedagai. Disarankan agar guru menggunakan metode NHT ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan penelitian ini dapat menambah pengetahuan bagi pembaca dalam hal meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitohang, Risma195704251982032001
Call Number: 372.2 Gin p
Keywords: Pembelajaran NHT; Motivasi Belajar; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6531

Actions (login required)

View Item View Item