PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS TENTANG ENERGI PANAS DAN PENGGUNAANNYA PADA KELAS IV SD NEGERI 106166 MARINDAL II 2012

Sabmawarni, (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS TENTANG ENERGI PANAS DAN PENGGUNAANNYA PADA KELAS IV SD NEGERI 106166 MARINDAL II 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313310 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313310 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas IV SD Negeri 106166 T.A 2012 ?”. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 106166 Marindal II Kec. Patumbak. Kab. Deli Serdang T.A 2012 yang berlokasi di jalan Balai Desa. Kec. Patumbak, yang berjumlah 28 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil latihan yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam dua siklus ada 4x pertemuan dan 140 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil latihan yang diberikan pada setiap siklus. Dari hasil latihan yang diberikan kepada 28 orang siswa sari pertemuan awal hingga pertemuan akhir diperoleh hasil yang terus meningkat dari setiap siswa pada kondisi awal menunjukkan bahwa skor hasil belajar siswa yaitu(1) 22 orang siswa (78,57%) yang hasil belajarnya tergolong rendah, 6 orang siswa (21,42%) . (2) pada siklus I terdapat 11 orang siswa (36,42%) yang hasil belajarnya tergolong rendah ,17 orang siswa (60,71%) yang hasil belajarnya mencapai standar ketuntasan belajar dengan dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 56,42. (3) pada siklus II tidak terdapat hasil belajar yang tergolong rendah (0), 2 orang siswa (7,14 %) yang belum tuntas dalam belajar dan 26 orang siswa (85,65%) yang telah mencapai standar ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai secara klasikal sebesar 81,75. Dari hasil yang diperoleh dari 28 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains pokok bahasan energi panas dan penggunaanya dikelas IV SD Negeri 106166 Marindal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTamba, Robenhart196111251987031002
Call Number: 372.2 Sab p
Keywords: Metode Eksperimen; Hasil Belajar Siswa; SAINS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6529

Actions (login required)

View Item View Item