MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101758 HAMPARAN PERAK T.A 2011/2012

Aristiana, Dwi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101758 HAMPARAN PERAK T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313075 COVER.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 BAB I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan tindakan menggunakan pendekatan partisipatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101758 yang berlokasi di Desa Tandam Hilir Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I peneliti menerapkan pendekatan partisipatif. Hasil analisis data pada siklus I menunjukan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan menggunakan pendekatan partisipatif teknik pembinaan belajar berkelompok.Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 56,3 dengan ketuntasan belajar 30,8% (8 siswa). Pada sikllus II diperoleh nilai rata-rata 86,9 dengan ketuntasan belajar 92,3% (24 siswa). Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan partisipatif, yaitu meningkat 61,5% dari ketuntasan belajar yang diperoleh pada siklus I. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan pendekatan partisipatif dengan teknik pembinaan belajar berkelompok pada pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 101758 Kec. Hamparan Perak T.A 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSembiring, Pastiria195508081979032001
Call Number: 372.2 Ari m
Keywords: Hasil Belajar IPA; Pendekatan Partisipatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6522

Actions (login required)

View Item View Item