MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.P 2011/2012

Arini, Erit (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313091 COVER.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 BAB I.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa erosi di kelas IV SD Negeri 101769 Tembung dengan menggunakan Metode Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa erosi.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101769 Tembung yang berjumlah 40 orang siswa. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Dimana saat observasi, hampir seluruh siswa hasil belajarnya masih rendah khususnya pada mata pelajaran IPA, sehingga peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen.Hasil penelitian, siswa yang tuntas pada kondisi awal dari 40 orang siswa hanya 7 orang siswa (17,5%) dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 33 orang siswa (82.5%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 53. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 26 orang siswa (65%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 orang siswa (35%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,5. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 35 orang siswa (87.5%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa (12,5%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 87,5.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 40 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukanya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa erosi di kelas IV SD Negeri 101769 Tembung. Disarankan agar guru melakukan pengajaran dengan menggunakan metode eksperimen sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khusunya pada materi peristiwa erosi dan dapat memotivasi siswa serta melatih siswa untuk belajar aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManalu, Effendi195600511198601002
Call Number: 372.2 Ari m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; IPA; Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6517

Actions (login required)

View Item View Item