UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD. NEGERI 101733 SEI SEMAYANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Sihombing, Roma Lasmaria (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD. NEGERI 101733 SEI SEMAYANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311062 Cover.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 BAB V.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD. Negeri 101733 Sei Semayang, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SD Negeri 101733 Sei Semayang Tahun Ajaran 2011/2012.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SD Negeri 101733 Sei Semayang Tahun Ajaran 2011/2012?Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 14 orang perempuan dan 16 orang laki- laki. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus yang masing- masing terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal yang telah diuji validitasnya.Hasil penelitian pada saat tes awal, diperoleh rata- rata kelas dari 30 siswa sebesar 55,73 dimana, 5 siswa ( 16,67% ) tuntas dalam belajar. Pada siklus I rata- rata siswa kelas IV meningkat menjadi 64,8 dimana 20 siswa ( 66,67% ) tuntas dalam belajar. Pada siklus II rata- rata siswa kelas IV meningkat menjadi 76,4 dimana 26 siswa ( 86,67% ) tuntas dalam belajar. Nilai standar ketuntasan belajar siswa dalam penelitian ini sebesar ≥ 65 dari hasil tes yang dilakukan mulai dari pre tes, post tes I, post tes II, dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SD Negeri 101733 Sei Semayang Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Rosliana195104251976032001
Call Number: 372.2 Sih u
Keywords: Hasil Belajar; Gaya; Gerak Benda; Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item View Item