MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN COOPRATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING DI KLEAS IV SD NEGERI 106161 LAUT DENDANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Rambe, Farida Hanim (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN COOPRATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING DI KLEAS IV SD NEGERI 106161 LAUT DENDANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313099 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 BAB 1.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 BAB 5.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS nilainya masih kurang memuaskan, masih bayak siswa yang tidak tertarik untuk belajar IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa melalui penggunaan Cooprative Learning Tipe Snowball Throwing di SD Negeri 106161 Laut Dendang pada materi perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A yang berjumlah 40 orang, 19 orang laki-laki dan 21 orang perempuan pada semester genap. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Adapun prosedur penelitian pada tiap siklus ialah : 1) perencanaan. 2) pelaksanaan. 3) observasi. 4) refleksi. Dan penelitian ini dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa soal test berbentuk pilihan berganda sebayak 20 butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil belajar siswa pada saat pre test dapat dilihat bahwa dari 40 orang siswa terdapat 70% atau 28 orang siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 30% atau 12 orang siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal adalah 54. Setelah dilakukan pembelajaran siklus I hasil belajar siswa meningkat secara klasikal 25%. Dari 40 orang siswa terdapat 45% atau 18 orang siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 55% atau 22 orang siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal adalah 63. Setelah dilakukan pembelajaran siklus II hasil belajar siswa meningkat secara klasikal 37,5%. Dari 40 orang siswa terdapat 7,5% atau 3 orang siswa yang tidak mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 92.5% atau 37 orang siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal adalah 85. Sedangkan peningkatan dari pre test hingga post test II (siklus II) sebesar 62.5%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran Cooprative Learning Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 106161 laut Dendang Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitohang, Risma195909161984032001
Call Number: 372.2 Ram m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Pelajaran IPS; Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item