PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JEROLD E.KEMP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG DI KELAS IV SD SEMESTER GENAP SDN. 105287 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Khiyaruddin, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JEROLD E.KEMP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK OPERASI HITUNG DI KELAS IV SD SEMESTER GENAP SDN. 105287 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081211910006 Cover.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 BAB I.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 BAB V.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081211910006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan didasari pada masalah yang ditemukan peneliti di SDN 105287 tembung yaitu belum tepatnya model pembelajaran yang diberikan guru dalam mengajarkan matematika, motivasi belajar siswa yang rendah serta siswa kurang dapat mengingat dan menguasai materi pelajaran matematika yang telah diajarkan. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan model pembelajaran Jerold E.Kemp pada pembelajaran matematika materi pokok operasi hitung dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Semester Ganjil SDN. 105287 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012. Model Kemp adalah sebuah pendekatan yang mengutamakan sebuah alur yang dijadikan pedoman dalam penyusunan perencanaan program. Dimana alur tersebut merupakan rangkaian yang sistematis yang menghubungkan tujuan hingga tahap evaluasi. Semua komponen pada model ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya, bila adanya perubahan atau data yang bertentangan pada salah satu komponen mengakibatkan pengaruh pada komponen lainnya.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Semester Ganjil SDN. 105287 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 orang siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Penentuan sampel ini berdasarkan hasil penelitian awal terhadap kelas yang akan diteliti dan hasil rujukan dari kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan 4 tahapan. Siklus I dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II dengan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data adalah angket observasi motivasi belajar siswa.Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan rata-rata nilai angket motivasi belajar menjadi 3,20 kategori penilaian angket siswa secara rata-rata telah cukup termotivasi terhadap pembelajaran. Nilai ini masih belum memenuhi nilai angket motivasi yang diharapkan sehingga dilakukan refleksi sebagai pedoman untuk siklus II. Permasalahan yang diperoleh pada siklus I coba diatasi. Hasil yang diperoleh pada siklus II, nilai rata-rata angket siswa juga meningkat menjadi 4,21 dengan tingkat kategori motivasi siswa pada kategori termotivasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jerold E.Kemp dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Operasi Hitung di kelas IV SD Semester Ganjil SDN. 105287 Tembung Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul1958807091985011001
Call Number: 372.2 Khi p
Keywords: Pembelajaran Jerold E. Kemp; Motivasi; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6501

Actions (login required)

View Item View Item