PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS DENGAN POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DI KELAS IV SD NEGERI 060837 MEDAN T.A 2011-2012

Daulay, Mupidah (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SAINS DENGAN POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DI KELAS IV SD NEGERI 060837 MEDAN T.A 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071211920604 COVER.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920604 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920604 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920604 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920604 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920604 BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920604 BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920604 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sains dan untuk memberi gambaran kepada guru bagaimana cara penerapan pembelajaran kontekstual itu. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060837 Medan Tahun Ajaran 2011-2012 sebanyak 30 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk penelitian tindakan kelas ( PTK) sebanyak 2 siklus terdiri dari perencanaan , pelaksanaan tindakan, observasi, dan Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi rencana kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti serta lembar observasi pengukuran minat belajar siswa. Bertindak sebagai observer adalah guru kelas IV SD Negeri 060837 Medan. Hasil penelitian ini diperoleh dari persentase minat belajar siswa pada kondisi awal sebesar 13,3 % yang berminat. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 56,7% yang berminat, yang berarti terjadi peningkatan minat sebesar 43,4%. Pada siklus II diperoleh minat belajar siswa sebesar 90% atau dengan kata lain terjadi peningkatan sebesar 33,3% setelah dilakukan siklus II, secara keseluruhan minat belajar telah mencapai standar ketuntasan diatas 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 060837 Medan pada pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik Tahun Ajaran 2011-2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.2 Dau p
Keywords: Pembelajaran Kontekstual; Minat Belajar; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6489

Actions (login required)

View Item View Item