MENERAPKAN METODE KARYAWISATA PADA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 101847 SUKA DAMAI

Lela, Sri (2012) MENERAPKAN METODE KARYAWISATA PADA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 101847 SUKA DAMAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313342 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313342 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kelasIV pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam proses belajar mengajarsiswa kurang aktif, kekurang aktifan siswa tersebut disebabkan karena kurangnya aktivitas belajar siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan Metode Karya Wisata.Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengansubjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 101847 Suka Damai, KecamatanKutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang yang ber jumlah 36 orang terdiri dari 23perempuan dan 13 laki laki. Alat pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah lembar observasi berupa daftar check list. Penelitian initerdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing masing terdir i dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus terdapat 24 siswa(66,6%) yang aktivitas belajarnya rendah, 9 siswa (25%) yang aktivitas belajarnya sedang, 3 0rang (8,3%) yang aktivitasnya tinggi dan 0 siswa (0%) yang aktivitas belajarnya tinggi. Pada siklus I diperoleh 3 siswa (8,3%) yang aktivitas belajarnya rendah, 15 siswa (41,67%) yang aktivitas belajarnya sedang, 12 siswa (33,32%)yang aktivitas belajarnya tinggi,dan 6 siswa (16,67%) yang aktivitas belajarnya sangat tinggi. Pada siklus II diperoleh 0 siswa (0%) yang aktivitas belajarnya rendah, 0 siswa (0%) yang aktivitas belajarnya sedang, 13 siswa (36,11%) yang aktivitas belajarnya tinggi,dan 23 siswa (63,8%) yang aktivitas belajarnya sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMenanti, Asih196000031985032002
Call Number: 372.2 Lel m
Keywords: Metode Karyawisata; IPA; Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item