PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI NO.050643 BOHOROK T.A 2011/2012

Sari, Melda (2012) PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI NO.050643 BOHOROK T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313204 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313204 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313204 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313204 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313204 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313204 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313204 BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313204 BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313204 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.050643 Bohorok, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Metode Karyawisata dengan sasaran utama untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri No.050643 Bohorok. Penelitian ini dilakukan sesuai jadwal pelajaran IPS di kelas tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan penggunaan Metode Karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok aktivitas ekonomi dan sumber daya alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Karyawisata. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan observasi dan tes. Adapun observasi yang dilakukan meliputi observasi guru dan siswa. Sedangkan tes dilaksanakan setelah dilakukan pre tes, siklus I dan II. Hasil penelitian yang diperoleh dari 30 orang siswa pada tes awal (pre tes) hanya terdapat 6 siswa yang tuntas dalam belajar dengan persentase 20%. Sedangkan 24 siswa tidak tuntas dengan persentase 80%. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 45,33. Dengan demikian dilakukan siklus I untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Dari siklus I diperoleh hasil 16 siswa yang tuntas dengan persentase 53,33% dan 14 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 46,67% dan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 68.33. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 33,33% dibandingkan pada saat dilakukan pre tes. Namun hasil tersebut belum mencapai target yang diharapkan oleh peneliti yaitu siswa yang tuntas mencapai 80%. Selanjutnya peneliti melakukan siklus II agar hasil yang diperoleh siswa sesuai dengan yang diharapkan dan pembelajaran dirasa lebih optimal. Dari siklus II diperoleh hasil 26 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase 86,67% dan 4 siswa tidak tuntas dengan persentase 13,33% dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 82. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas IV SD Negeri No.050643 Bohorok. Dari hasil temuan peneliti di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu dengan menggunakan Metode Karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas IV SD Negeri No.050643 Bohorok dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyamsuarni, 195005131974122001
Call Number: 372.2 Sar p
Keywords: Metode Karyawisata; Hasil Belajar Siswa; Pelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6481

Actions (login required)

View Item View Item