UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD AL-WASLIYAH KEC. MEDAN TEMBUNG TA 2011/2012

Khairunnisa, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD AL-WASLIYAH KEC. MEDAN TEMBUNG TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313162 COVER.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313162 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa.Beragam masalah yang dihadapi siswa dalam kegiatan menulis. Siswa kurang memiliki kemauan yang keras dalam menulis narasi. Siswa belum terampil dalam menyusun kalimat-kalimat dan belum memperhatikan tanda baca dalam menulis karangan narasi. Guru kurang melatih siswa dalam menulis khususnya pada karangan narasi. Bentuk pelajaran yang berlangung mengutamakan mengutamakan model ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah keterampilan menulis karangan narasi siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Al-Wasliyah Kec.Medan Tembung TA 2011/2012.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas V SD Al-Wasliyah Kec.Medan Tembung yang berjumlah 32 orang siswa. Objek keterampilan menulis karangan narasi, sedangkan tindakan pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching sebagai upaya guru untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa..Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II.Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam.Kemudian diakhir siklus I dan siklus II secara bersamaan peneliti melakukan kegiatan observasi terhadap aktivitas belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dari 32 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 6 orang siswa 18.75% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 26 orang siswa 81,25% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 46,25. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 15 orang siswa 46,88% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 17 orang siswa 53,22% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 60,78. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 29 orang siswa 90,63% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa 8,37% yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,41. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas V SD Al-Washliyah Kec. Medan Tembung. Oleh karenanya guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran quantum teaching sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatakan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.2 Kha u
Keywords: Menulis Narasi; Pembelajaran Quantum Teaching; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6473

Actions (login required)

View Item View Item