MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012

Tarigan, Ferdi Surya Dharma (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313105 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313105 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sains pada materi pokok peristiwa alam beserta dampaknya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101774 Sampali yang terdiri dari 35 orang siswa, penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilkukan dua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan selama 35 menit. Dalam setiap siklus akan diberikan tes kepada siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.Dari hasil penelitian, siswa yang tuntas hasil belajarnya pada kondisi awal hanya 6 orang siswa yang tuntas ( 17,14% ) dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 29 orang siswa ( 82,86% ) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 43,14. Setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 16 orang siswa ( 45,71% ) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 19 orang siswa ( 54,28%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 61,71. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 31 orang siswa ( 88,57% ). Dan 4 orang siswa ( 11,42% ) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 76,57. Dalam observasi kegiatan guru dan siswa, dimana peningkatan nilai rata-rata kegiatan guru pada siklus I yaitu 76,56 (Baik) dan pada siklus II yaitu 93,75 (Sangat Baik) dan dimana peningkatan nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus I yaitu 39,42 (kurang) dan pada siklus II yaitu 70,2 (Baik).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V/A SD Negeri N0.101774 Sampali., saran yang di berikan yaitu agar kiranya guru dapat memakai model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membiasakan belajar kelompok untuk menambah pemahaman materi,lebih berani mengungkapkan pendapat kepada sesama teman di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704241982032001
Call Number: 372.2 Tar m
Keywords: Hasil Belajar; Kooperatif Tipe STAD; Pelajaran Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6462

Actions (login required)

View Item View Item