MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE CONTEXTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SWASTA TUNAS HARAPAN TG. ANOM P. BATU

Winanti, Ika (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE CONTEXTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SWASTA TUNAS HARAPAN TG. ANOM P. BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313136 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313136 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pokok bahasan masalah sosial, pembelajaran IPS di SD Swasta Tunas Harapan masih berpusat pada guru (teacher centerd) dimana guru masih mendominasi proses pembelajaran sedangkan siswanya masih nampak pasif, metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS kurang bervariasi, dan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pelajaran, terutama pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan metode contextual teaching and learning pada pelajaran IPS pokok bahsan masalah sosial di kelas IV SD Swasta Tunas Harapan Tg. Anom Pancur Batu Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi / evaluasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan angket. Dari hasil penelitian dengan menggunakan angket. Siswa yang nilai motivasinya kurang sebanyak 11 orang (30,56%) pada kondisi awal dan menjadi 0% pada siklus I dan II. Siswa yang nilai motivasinya cukup 23 orang (63,89%) pada kondisi awal dan menurun menjadi 17 orang (43,59%) pada siklus I dan menjadi 0% disiklus II. Siswa yang nilai motivasinya baik 2 orang (5,56%) pada kondisi awal dan naik menjadi 18 (50%) pada siklus I dan turun menjadi 8 orang (22,22%) pada siklus II. Siswa yang nilai motivasinya sangat baik 0% pada kondisi awal dan 1 orang (2,78%) pada siklus I dan naik menjadi 28 orang (77,78%) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan observasi bahwa motivasi belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus. Pada kondisi awal nilai motivasi belajar siswa 41,48% dan pada siklus I menjadi 66,34% meningkat sebanyak 24,86%, serta terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 15,77% menjadi 82,11%. Hasil tersebut didapat dari nilai rata-rata indikator motivasi belajar, yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil pada pelajaran IPS materi masalah sosial (78.65%), adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar IPS materi masalah sosial (82,29%), adanya harapan dan cita-cita masa depan dalam pelajaran IPS materi masalah sosial (81,08%), adanya penghargaan dalam belajar IPS materi masalah sosial (80,03%), adanya kegiatan yang menarik dalam pelajaran IPS materi masalah sosial (79,51%), serta adanya lingkungan belajar yang kondusif dalam pelajaran IPS materi masalah sosial (91,11%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode contextual teaching and learning pada pembelajaran IPS tentang masalah sosial dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Rosliana195104251976032001
Call Number: 372.2 Win m
Keywords: Motivasi Belajar Siswa; Metode Contextual; Pelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6461

Actions (login required)

View Item View Item