PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATEMATIKA DI KELAS IV SD SUBSIDI BUDI RAHAYU TAHUN AJARAN 2011/2012

Susilawati, (2012) PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATEMATIKA DI KELAS IV SD SUBSIDI BUDI RAHAYU TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313359COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313359 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama di kelas IV SD Subsidi Budi Rahayu. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVb SD Subsidi Budi Rahayu yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan yang masing-masing pertemuan dilaksanakan dalam waktu 30 Menit. Maka dengan demikian jumlah waktu selama 4 kali pertemuan adalah 140 Menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan test dan observasi.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada test awal adalah 53,83 dan pada siklus I adalah 63. Perubahan nilai ini menunjukkan adanya pencapaian tingkat ketuntasan dalam belajar secara Klasikal, walaupun belum memenuhi tuntas belajar klasikal. Pada siklis II diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 71,67. Perolehan ini sudah mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dapat dilihat adanya peningkatan nilai siswa dari presentase ketuntasan belajar yaitu pada kondisi awal didapat 43,33 %, siklus I menjadi 63,33 %, terjadi peningkatan sebanyak 20 %, dan pada siklus II didapat presentase ketuntasan belajar sebanyak 93,33 %. Maka terjadi peningkatan sebanyak 30 % dari silkus I. Dan Dari hasil observasi didapat bahwa guru mampu memaksimalkan metode Quantum teaching dengan baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningktakan hasil belajar Matematika pada kelas IV SD Subsidi Budi Rahayu Tahun Ajaran 2011/2012. 

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Rosliana195104251976032001
Call Number: 372.2 Sus p
Keywords: Metode Quantum Teaching;Hasil Belajar; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item