PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV A SD NEGERI 106814 TEMBUNG T.A 2011/2012

Syahra, Alfi (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV A SD NEGERI 106814 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
10313015 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10313015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung campuran di kelas IVA SD Negeri 106814 Tembung T.A 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 106814 Tembung yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan format lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil tes awal diperoleh rata-rata nilai kemampuan awal siswa sebesar 36,96 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 15,15%. Setelah dilakukan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), hasil postest tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 57,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar 54,54% dan secara klasikal siswa masih belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan tetap menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction), tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata-rata 78,48 dengan ketuntasan klasikal 96,96% atau secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung campuran di kelas IVA SD Negeri 106814 Tembung T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Dorlince196001151986012001
Call Number: 372.2 Sya p
Keywords: Pembelajaran PBI; Hasil Belajar; Operasi Hitung Pecahan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6439

Actions (login required)

View Item View Item