UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DI KELAS IV SD NEGERI NO 020270 BINJAI TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012

Sitepu, Lena Sari (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DI KELAS IV SD NEGERI NO 020270 BINJAI TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313178 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313178 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313178 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313178 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313178 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313178 BAB I.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313178 BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313178 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pembelajaran yang dilakukan di kelas masih bersifat monoton, tidak bervariasi dan tidak menarik perhatian siswa sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri No 020270 Binjai Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diisi oleh siswa.Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No 020270 Binjai Timur Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 orang siswa dengan jumlah laki-laki 10 orang dan perempuan 22 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan diantaranya tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan tindakan (observasi), dan tahap refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi yang bertujuan mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Kemudian diakhir siklus I dan siklus II diberikan postest I dan postest II.Berdasarkan analisis hasil observasi pada saat pratindakan tingkat perubahan motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa dari 32 orang siswa, bahwa data motivasi belajar awal siswa sebelum siklus (prasiklus) diperoleh tingkat motivasi belajar siswa sebagian besar masih tergolong rendah yaitu sebanyak 24 orang siswa (75%), selanjutnya 5 orang siswa (15,62%) memiliki motivasi belajar sedang dan 3 orang (9,37%) memiliki motivasi belajar tinggi. Pada siklus I terdapat adanya peningkatan 11 orang (34,37%) sudah memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, 15 orang (46,87%) memiliki motivasi belajar sedang, dan 6 orang (18,75%) masih tergolong kedalam motivasi belajar yang rendah. Pada siklus II terdapat adanya peningkatan dalam motivasi belajarnya. Terdapat 27 orang siswa (84,37%) sudah termotivasi dalam belajar atau dengan kata lain memiliki motivasi belajar yang tinggi, dan 5 orang siswa (15,62%) memiliki motivasi belajar pada kategori sedang.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Dan disarankan agar dalam proses pembelajaran, guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing agar siswa tidak bosan dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: 372.2 Sit u
Keywords: Motivasi Belajar; IPS; Pembeljaran Kancing Gemerincing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item