MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN ACTION LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2011/2012

Sari, Eka (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN ACTION LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313080 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 104208 Cinta Rakyat T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana subjek dari penelitina ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa mencapai tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 65.Berdasarkan analisis data pada awal tindakan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat diketahui dari 30 orang siswa pada saat pretes dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang siswa 13% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 26 orang siswa 87% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 39,25. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 18 orang siswa 60% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 12 orang siswa 40% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 67,33. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 28 orang siswa 93,3% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 2 orang siswa 6,7% yang tuntas dengan nilai rata-rata 87,3.Hasil observasi guru pada siklus I pertemuan I sebesar 73,21% dan pertemuan II sebesar 89,28%, sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 89,29% dan pertemuan II sebesar 98,21%Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Action Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Jenis-Jenis Tanah di Kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.2 Sar m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Action Learning; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6430

Actions (login required)

View Item View Item