UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 056636 KELANTAN KEC. GEBANG T.A 2012/2013

Syahara, Syaskyah (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 056636 KELANTAN KEC. GEBANG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313364 COVER.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313364 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar IPA di kelas IV SD Negeri 056636 Gebang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat meningkatakan motivasi siswa dalam belajar IPA di kelas IV SD Negeri 056636 Gebang. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah “Upaya meningkatan motivasi belajar siswa pada materi penggolongan hewan akan meningkat, jika model pembelajaran make a match dapat diimplementasikan dengan benar pada siswa kelas IV SD Negeri 056636 Gebang T.A 2012/2013.” Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 056636 Gebang, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match dan dibantu dengan media gambar dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan angket. Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru kelas IV di SD 056636 Gebang yang dilakukan terhadap 35 siswa dimana terdapat hasil penelitian pada siklus I terdapat 4 orang siswa (11,4%) yang mendapat kategori motivasi belajar kurang (belum termotivasi), 27 orang siswa (77,1%) yang mendapat kategori motivasi cukup, 3 orang siswa (8,5%) yang mendapat kategori motivasi baik dan pada tindakan siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar yaitu 33 orang siswa (94,2%) sudah berada pada kategori yang mendapat motivasi belajar sangat baik (sudah termotivasi), dan 2 orang siswa (5,7%) yang mendapat mendapat kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran make a match materi menggolongkan hewan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Negeri 056636 Gebang T.A 2012/2013. Disarankan kepada guru diharapkan dapat menciptakan kondisi belajar yang kondusif melalui penggunaan model pembelajaran Make a match yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985031002
Call Number: 372.2 Sya u
Keywords: Motivasi Belajar; Pembeljaran make A Match; IPA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6428

Actions (login required)

View Item View Item