UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101770 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2012/2013

Harahap, Desi Ariani (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101770 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313056 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101770 Tembung Tahun pelajaran 2012/2013. Peneliti melakukan penelitian selama 2 bulan yaitu mulai dari bulan Juni sampai bulan Agustus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar Sains siswa kelas IV SD Negeri 101770 Tembung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101770 Tembung Tahun pelajaran 2012/2013 khususnya pada pokok bahasan sifat berbagai wujud benda Tahun Ajaran 2012/2013 melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 38 siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan tes dan observasi. Dari hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II dalam pelajaran IPA materi sifat berbagai wujud benda, ternyata telah diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara signifikan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal adalah 26,32% (Tidak Tuntas), pada tes akhir I persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 47,37% (Tidak Tuntas), Dari hasil tersebut diketahui bahwa pada siklus II tersebut dari jumlah siswa 38 orang sudah 34 siswa dinyatakan tuntas belajar dan 4 siswa belum tuntas belajar dan pada pelaksanaan test akhir II persentase ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai 89,47% (Tuntas).Berdasarkan penjelasan di atas mengenai penggunaan metode Demonstrasi yang diterapkan pada siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada pokok bahasan sifat wujud benda pada siswa kelas IV SD N 101770 Tembung.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode demonstrasi mengenai pokok bahasan sifat berbagai wujud benda berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa.. Peneliti menyarankan agar guru bidang studi IPA lebih meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurarjani, 196105041987032004
Call Number: 372.2 Har u
Keywords: Hasil Belajar IPA; Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6427

Actions (login required)

View Item View Item