MENINGKATKAN ETIKA SISWA DALAM BERTEMAN MELALUI METODE PEMBIASAAN MENAATI TATA TERTIB DI KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR

Harahap, Elisa Aryani (2012) MENINGKATKAN ETIKA SISWA DALAM BERTEMAN MELALUI METODE PEMBIASAAN MENAATI TATA TERTIB DI KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071211920645 COVER.pdf]
Preview
Text
071211920645 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 071211920645 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
071211920645 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 071211920645 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071211920645 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 071211920645 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
071211920645 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 071211920645 BAB I.pdf]
Preview
Text
071211920645 BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 071211920645 BAB V.pdf]
Preview
Text
071211920645 BAB V.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of 071211920645 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
071211920645 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur bertujuan untuk meningkatkan etika siswa dalam berteman dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi kesulitan beretika siswa.Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa daftar check-list hasil etika berteman.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur tahun ajaran 2012 dengan jumlah siswa 31 orang. Penentuan objek diperoleh berdasarkan hasil rujukan dari kepala sekolah.Hasil penelitian diperoleh persentase hasil siswa pada kondisi awal sebesar 51,72 %. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 89,85 %. Pada siklus II diperoleh etika berteman siswa sebesar 87,81 %. Setelah dilakukan siklus II, secara keseluruhan etika berteman telah mencapai standar ketuntasan diatas 70 %.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan beretika dapat meningkatkan etika belajar siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur pada tahun 2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Har m
Keywords: Etika Siswa; Metode Pembiasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 20 Jul 2016 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6422

Actions (login required)

View Item
View Item