MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 024766 BINJAI

Ginting, Nurlia (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 024766 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313248, LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313248, KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313248 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313248, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313248, DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313248, DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313248, BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313248, BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313248, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Penelitian ini dilakukan dan disebabkan karena rendahnya minat belajar IPA dalam pembelajaran gaya magnet, model pembelajaran yang kurang bervariatif, teknik pembelajaran IPA yang selama ini kurang melibatkan siswa secara aktif terutama dalam pembelajaran gaya magnet. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 024766 Binjai pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang. Siswa laki-laki berjumlah 17 orang dan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Suharsimi Arikunto sebanyak 2 siklus. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket dan dokumentasi foto yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa setelah pembelajaran gaya magnet menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Hasil observasi guru yang diamati selama pembelajaran mengenai peningkatan yang signifikan. Dilihat dari Siklus I, hasil yang diperoleh sebesar 55% dan 65%. Namun pencapaian tersebut masih belum pada pencapaian yang diharapkan. Pada Siklus II diperoleh sebesar 80% dan 98%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V SD Negeri 024766 Binjai mengalami peningkatan sebesar 100% setelah mengikuti pembelajaran gaya magnet menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil angket minat belajar siswa disiklus I memperoleh rata-rata sebesar 69 terjadi peningkatan minat belajar siswa sebesar 57% dan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 91 terjadi peningkatan minat belajar siswa sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil observasi guru dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Pada Siklus II observasi peneliti telah mengalami perubahan dan mencapai taraf persentase yang tinggi. Berdasarkan hasil ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together, sehingga minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya magnet di kelas V SD Negeri 024766 Binjai meningkat dan berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: 372.2 Gin m
Keywords: Minat Belajar Siswa; Pembeljaran Kooperatif tipe NHT; IPA; Gaya Magnet
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item View Item