PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE EKSPOSITORI BERBASIS PETA PIKIRAN DAN TANPA PETA PIKIRAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2011/2012

Kristina, Lestari (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE EKSPOSITORI BERBASIS PETA PIKIRAN DAN TANPA PETA PIKIRAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313180 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313180 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji tentang perbedaan hasil belajar dilihat dari penggunaan metode ekspositori berbasis peta pikiran dan metode ekspositori tanpa peta pikiran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori berbasis peta pikiran dan metode ekspositori tanpa peta pikiran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan variabel perlakuan adalah metode ekspositori berbasis peta pikiran dan metode ekspositori tanpa peta pikiran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah 64 orang yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel diambil dengan teknik total sampel. Data dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode ekspositori berbasis peta pikiran dan metode ekspositori tanpa peta pikiran. Dalam hal ini diperoleh t hitung > t table = yaitu 4,7362 > 1,6698, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori berbasis peta pikiran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011/2012. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ekspositori berbasis peta pikiran lebih baik dari pada metode ekspositori tanpa peta pikiran. KATA PENGANT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.2 Kri p
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Metode Ekspositori; Pelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6416

Actions (login required)

View Item View Item