MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 050657 STABAT KABUPATEN LANGKAT T.A 2011 / 2012

Nurfadhillah, (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 050657 STABAT KABUPATEN LANGKAT T.A 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113049 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 050657 Stabat, dengan tujuan untukmengetahui kesulitan-kesulitan siswa menghadapi materi tentang mengomentari masalahperistiwa aktual dan upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakanmetode debat.Jenis penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitianini adalah siswa kelas V SD Negeri 050657 Stabat Kabupaten Langkat pada tahun ajaran2011 / 2012. Dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 14 orang laki-lakidan 16 orang perempuan. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil rujukan dari gurukelas. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya meningkatkan keterampilanberbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan mengomentari persoalanaktual dengan menggunakan metode debat.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa nilai dari 30 orang siswa pada siklus Ipertemuan 1 dapat dikatakan tingkat keterampilan berbicara siswa rendah dikarenakan padatahap pertemuan 1 masih belum kelihatan yang mendapat kriteria sangat terampil atau (0 %)dari 30 siswa, kemudian yang mendapat kriteria terampil diperoleh 8 orang siswa atau (26,67 %), selanjutnya yang mendapat kriteria cukup terampil menjadi 12 orang siswa atau (40,00 %), dan yang mendapat kriteria kurang terampil 10 orang siswa atau (33,33%). Perolehskor guru yang diperoleh adalah 77,5 %. Sedangkan pada pertemuan ke 2, perolehan yangdidapat siswa pada pertemuan ini yakni, belum ada siswa yang memperoleh kriteria sangatterampil atau (0 %), yang mendapat kriteria terampil terdapat 15 orang atau (50 %), yangmendapat kriteria cukup terampil terdapat 8 orang atau ( 26,67%), dan yang kurang terdapat 7orang atau (23, 33%). Skor yang diperoleh guru adalah dengan nilai 82,5% dikatakan kriteriabaik. Kemudian Pada siklus II pertemuan 3 terdapat 6 orang siswa yang memperoleh kriteriasangat terampil atau (20,00%), kemudian yang mendapat kriteria terampil berjumlah 12orang atau ( 40,00 %), kemudian 12 orang atau ( 40,00%) mendapatkan kriteria cukupterampil dan tidak ada lagi siswa yang belum terampil atau (0 %), dan skor yang diperolehguru adalah 87,5%. Skor guru juga mengalami peningkatan. Selanjutnya pada pertemuan ke 4jumlah siswa yang mendapat kategori sangat terampil sudah meningkat yakni 20 orang atau66,67%, yang mendapat kategori terampil terdapat 8 orang atau 26,67%, selanjutnya yangmemperoleh kategori cukup terdapat 2 orang atau 6, 66%, sehingga tidak ada lagi siswa yangnilainya kurang. Selain itu, skor guru semakin meningkat yakni dengan skor 97,5% dandikategorikan sangat terampil.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode debatdapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa setelah dilaksanakannya prosespembelajaran pada pelajaran Bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan aktual dikelas V SD Negeri 050657 Stabat T.A 2011 / 2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmayani, 196111111988032001
Call Number: 372.2 Nur m
Keywords: Keterampilan Berbicara; Metode Debat; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6404

Actions (login required)

View Item View Item