MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 067254 MEDAN DELI T.A 2011/2012.

Daulay, Rizka Chairina (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 067254 MEDAN DELI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313298 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313298 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067254 Medan Deli yang berlokasi di jalan lingkungan V Kelurahan Kota Bangun Kecamatan Medan Deli Kota Madya Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa pada materi pokok pecahan mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan pendekatan Mastery Learning di kelas IV SD Negeri 067254 Medan Deli. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 067254 dengan jumlah siswa 40 orang tahun ajaran 2011/2012. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Masing-masing dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur tingkat aktivitas belajar siswa. Lembar observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dengan memakai analisis data persentase.. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah 1. kegiatan pembelajaran masih kurang mengaktifkan siswa. 2. siswa kurang memahami konsep penjumlahan dan pecahan. 3. guru hanya menggunakan pendekatan secara konvensional yang kurang mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran. 4. rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan mastery learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi aktivitas belajar siswa pada saat siklus I pertemuan I dengan rata-rata 37,65% jumlah siswa yang aktif pada setiap indikator menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa masih sangat rendah Pada siklus I pertemuan II aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 51,88% juga dalam kategori rendah tapi sudah mengalami peningkatan Sedangkan pada siklus II pertemuan I secara keseluruhan 68,91% dan pada siklus II pertemuan II secara keseluruhan mencapai 88,91%. Maka dapat dikatakan bahwa pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan kodisi pada siklus I.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan mastery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok pecahan mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan di SD Negeri 067254 kec. Medan Deli T.A 2011/2012. Hal ini berarti bahwa pendekatan mastery learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: 372.2 Dau m
Keywords: Perencanaa; Refleksi; Pengamatan; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6403

Actions (login required)

View Item View Item