UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A. 2011/2012

Suriadi, Dedi (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313051 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan, penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode discovery sebagai sasaran utama dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan metode discovery terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan energi dan perubahannya di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat. Penentuan subjek ini diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala Sekolah. Pelaksanaan PTK dilakukan selama dua siklus.Hasil penelitian pada saat tes awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 36,45 dan meningkat menjadi 57,74 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 92,41 pada saat tes siklus II. Sebelum diberikan tindakan, pengetahuan awal tingkat ketuntasan yang dicapai siswa secara klasikal dari 31 siswa di kelas IV adalah sebesar 6,45% yaitu sebanyak 2 siswa tuntas dan 29 lainnya tidak tuntas, yang berarti secara klasikal belum mencapai tingkat ketuntasan belajar siswa, setelah dilakukan tindakan pada pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 51,61% yaitu sebanyak 16 siswa tuntasdan 15 siswa tidak tuntas yang berarti secara klasikal belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya, dari hasil tes pada siklus II sebagai bentuk perbaikan dari siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 93,55% yaitu sebanyak 29 siswa tuntas dan 2 siswa lainnya tidak tuntas yang berarti telah mencapai keberhasilan atau dengan kata lain setelah siklus II siswa secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar yaitu 80%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan energi dan perubahannya cahaya di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRangkuti, Irsan196103231987031001
Call Number: 372.2 Sur u
Keywords: Belajar; Energi; Perubahan; Discovery
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item