MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 023899 BINJAI T.A 2011/2012

Br. Sijabat, Yanti (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 023899 BINJAI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313403 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313403 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS dengan materi Koperasi, metode yang digunakan guru kurang kreatif, dan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, sehingga penelitian dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS dengan materi koperasi.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 023899 Binjai dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas IV SD Negeri 023899 Binjai yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang diteliti dan berdasarkan pengamatan peneliti dan guru kelas. Pelaksanaan PTK dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa lembar observasi dan angket terhadap kelas selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian melalui observasi tentang motivasi belajar terhadap 30 orang siswa dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa masih sangat rendah pada siklus I pertemuan ke-1 dengan rata-rata 56,8% lalu pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 63,3% dan pada siklus II pertemuan ke-1 meningkat lagi menjadi 74,3% selanjutnya pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 82%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa pada materi Koperasi sudah tergolong sangat baik. Kemudian dari hasil angket yang diberikan kepada 30 orang siswa dari siklus I hingga siklus II diperoleh hasil yang terus meningkat dari setiap siswa. Pada siklus I menunjukkan sebanyak 18 orang siswa (60%) yang tergolong kategori siswa yang termotivasi. Pada siklus II menunjukkan sebanyak 28 orang siswa (93,3%) yang tergolong kategori siswa yang termotivasi. Terjadi peningkatan motivasi belajar sebesar 33,3%. Peningkatan tersebut dapat terwujud karena terjadi peningkatan kualitas peneliti dalam mengajar. Pada siklus I pertemuan ke-1 persentase guru dalam mengajar adalah sebesar 67,5%, pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 75% dan siklus II pertemuan ke-1 meningkat lagi menjadi 80% selanjutnya pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 90%.Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi. Dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi koperasi di kelas IV SD Negeri 023899 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985031002
Call Number: 372.2 Sij m
Keywords: Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match; Pelajaran IPS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item View Item