UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE(TPS) PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 101780 PERCUT SEI TUAN

Faradila, Anita (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE(TPS) PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 101780 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313026 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 BAB I.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswapada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidaksama siswa kelas IV SD Neger i 101780 Percut sei Tuan. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaranTPS.Dalam penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Neger i 101780 Percut Sei Tuan.Subjek penelitian berjumlah 37 orang siswa yang terdiri dari 23 orang siswa lakilakidan 14 orang siswa perempuan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari duasiklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan lembarobservasi dan angket.Pada siklus I pertemuan I motivasi belajar siswa masih tergolong rendahdengan rata-rata 38,57%, sedangkan pada pertemuan II juga masih tergolongrendah dengan rata-rata 52,61% dan hasil observasi kegiatan guru pada siklus Ipertemuan I tergolong cukup dengan rata-rata 65%, sedangkan pada pertemuan IIjuga masih tergolong cukup dengan rata-rata 71,66%, dan rata-rata angket64,46%. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa motivasi belajar siswa danguru belum meningkat, sehingga perlu perbaikan dan pengembanganpembelajaran yang lebih jelas dan sistematis pada siklus II. Hasil observasimotivasi belajar siswa pada siklus II pertemuan I sudah tergolong cukup denganrata-rata 74,89%, sedangkan pada pertemuan II sudah meningkat menjadi sangatbaik dengan rata-rata 85,30% dan hasil observasi kegiatan guru pada siklus IIpertemuan I tergolong baik dengan rata-rata 81,66 %, sedangkan pada pertemuanII sudah tergolong sangat baik dengan rata-rata 91,66% dan rata-rata angket82,16%.Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran TPS terbukti dapatmeningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IVSD Negeri 101780 Percut Sei Tuan. Dan disarankan model pembelajaran inidigunakan pada mata pelajaran selain matematika untuk meningkatkan motivasibelajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.2 Far u
Keywords: Pembelajaran Think- Pair- Share; Pelajaran Matematika; Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item View Item