MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI KELAS IV SD NEGERI 101780 PERCUT TAHUN AJARAN 2011/2012

Sitorus, Nurhaida (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI KELAS IV SD NEGERI 101780 PERCUT TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313242 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313242 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313242 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313242 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313242 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313242 BAB V.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313242 BAB I.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini adalab rendahnya basil belajar siswa karena strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif dan kurang bervariasi dalam pembelajaran.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan pendekatan partisipatif pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkatkan basil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri I 01780 Percut?".Penelitian ini bertujan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan basil belajar matematika pada materi pokok penjumlahan dan penguranganpecahan di kelas IV SD Negeri I 01780 Percut.Subjek pene\hian ini di\aksanakan di SD Negeri 1 () 178() Percut. Yang dhe\hi yaitu siswa kelas IV B yang berjumlah 39 siswa, 16 orang perempuan dan 22 orang lakilaki.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pembelajaran partisipatif dengan sasaran utama berujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas IV SD Negeri I 01780 Percut. Pe11elitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus Il Berdasarkan data diperoleh bahwa dari 39 orang siswa pada tes awal terdapat ll orang siswa (28,21%) mend<tpat nilai tuntas, sedangkan 28 orang siswa (71, 79%) mendapat nilai tidak tuntas. Pada siklus I terdapat 15 orang siswa (38,46%) mcndapat nilai tuntas, sedangkan 24 orang siswa (61,54%) mendapat nilai tidak tuntas. Pada siklusH terd::tpat 33 orang siswa (34,6\%) mendapat niiai tuntas, sedangkan 24 orang siswa( 15,38%) mendapat nilai tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan hasil belajar matamatika siswa setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas £V SDNegeri 10l780PercutT.A20lll20l2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSingarimbun, Piti194912241980032002
Keywords: BElajar;Matematika;Pembelajaran;Partisipasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item