MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYESUAIKAN DIRI DALAM KELOMPOK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BAGI MAHASISWA JURUSAN PGSD SEMESTER II UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sinaga, Dianson (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYESUAIKAN DIRI DALAM KELOMPOK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BAGI MAHASISWA JURUSAN PGSD SEMESTER II UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109151014 COVER.pdf]
Preview
Text
109151014 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109151014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109151014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109151014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109151014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109151014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109151014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109151014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 BAB I.pdf]
Preview
Text
109151014 BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 BAB V.pdf]
Preview
Text
109151014 BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 109151014 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109151014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyesuaikan diri dalamkelompok melalui bimbingan kelompok bagi mahasiswa jurusan PGSD semester II tahunajaran 2012/2013. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah keterampilanmenyesuaikan diri dalam kelompok akan meningkat melalui bimbingan kelompok bagimahasiswa jurusanPGSD smester II tahun ajaran 2012/2013 ?. Penelitian dilaksanakandengan metode penelitian tindakan bimbingan konseling yang mana penelitian ini dilakukandengan dua siklus dan setiap siklusnya ada empat komponen penelitian yaitu perencanaan,tindakan, observasi dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitia, mahasiswa yang mengalami peningkatan pada siklus Isebesar 40% masuk pada kategori sedang. Kemudian peningkatan terjadi lagi pada pertemuanketiga siklus II sebesar 60% masuk kategori cukup baik dan meningkat kembali padapertemuan keempat pada siklus II sebesar 80% masuk kategori baik. Sedangkan terget yangingin dicapai 75%, sehingga hipotesis yang berbunyi “Layanan Bimbingan Kelompok DapatMeningkatkan Keterampilan Menyesuaikan Diri Dalam Kelompok Pada Mahasiswa JurusanPGSD Smester II Universitas Negri Medan Tahun Ajaran 2012/2013” dapat diterima.Saran bagi pihak universitas terutama dosen pembimbing, hendaknya lebihmemperhatikan keterampilan menyesuaikan diri mahasiswa, salah satu caranya denganmengadakan bimbingan kelompok. Kepada dosen hendaknya dalam melaksanakanpembelajaran dosen menerapkan layanan bimbingan kelompok dan terus memotivasimahasiswa guna meningkatkan keterampilan menyesuaikan diri mahasiswa.Bagi mahasiswa diharapkan lebih giat belajar dan mampu mengotrol diri, mengahargai orang lain, ikut berpartisipasi dalam kelompok dan menjalin hubungan pertemanan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 31.404 7 Sin m
Keywords: Keterampilan; Menyesuaikan diri; Karakteristik nya; Proses penyesuaian diri; Bimbingan kelompok.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 25 Jul 2016 07:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item
View Item