PENGARUH MENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB SQUAREPANTS DI TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 067952 MEDAN JOHOR

Rezeki, Ulfah Sari (2012) PENGARUH MENONTON FILM KARTUN SPONGEBOB SQUAREPANTS DI TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 067952 MEDAN JOHOR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313382 COVER.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 BAB I.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 BAB V.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313382 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi banyak faktor salah satunya adalah kebiasaan belajar dan menonton film kartun di TV. Siswa yang sudah terbiasa dan ketagihan menonton film-film kartun di TV dapat mengganggu konsentrasinya dalam belajar bahkan membuat siswa tersebut lupa untuk belajar sehingga berakibat pada prestasi belajarnya.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh negatif menonton film kartun Spongebob Squarepants di televisi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas V SD Negeri 067952 Medan Johor. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 067952 Medan Johor tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 2 kelas dengan jumlah seluruhnya 60 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang siswa atau total unit populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket sebanyak 10 butir pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta studi dokumentasi (nilai raport). Teknik analisis data menggunakan statistik kolerasi Product Momen Pearson dan uji-t.Hasil penelitian ditemukan kebiasaan siswa menonton film kartun Spongebob Squarepants di TV tergolong sedang dengan rata-rata skor angket sebesar 19,5 dan nilai prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa rata-rata sebesar 73,52atau tergolong cukup. Hasil pengujian hipotesis diperoleh rxy = –0,269 atau berada antara –1 < –0,109 < +1 dan –ttabel> –thitung yaitu –1,67 > –2,217. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh I = 7,24%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif menonton film kartun di televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101766 067952 Medan Johor Tahun Ajaran 2011/2012. Kebiasaan siswa menonton film kartun Spongebob Squarepants di TV memberikan pengaruh negatif sebesar 7,24% terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa dengan persamaan regresi &#374; = 86,463– 0,6639X. Hal ini memberi arti bahwa semakin sering atau terbiasa siswa menonton film kartun Spongebob Squarepants di TV maka semakin rendah prestasi belajar Bahasa Indonesia yang dicapai siswa tersebut. Sebagai tindak lanjut kepada orangtua siswa, diharapkan untuk lebih mengawasi dan lebih waspada terhadap acara-acara tontonan film-film kartun di TV dan diharapkan untuk mendampingi ketika anak (siswa) menonton film-film kartun di TV, serta lebih memperhatikan belajar siswa di rumah agar siswa memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimare-mare, Aman196107241987031002
Call Number: 372.2 Rez p
Keywords: Menonton Film Spongebob Squarepants; Televisi; Prestasi Belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item