UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT

Nasution, Asnia Dahlia (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313036 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 BAB I.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 BAB V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya motivasi belajar siswa dengan menggunakan Metode latihan Matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa . Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A 2011/2012 yang berlokasi di Gang Desa. Kec. Percut Sei Tuan, yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang di lakukan peneliti terhadap guru kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4x pertemuan dan 140 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil angket yang diberikan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 pertemuan 1 hasil observasi siswa persentase rata-rata nilai motivasi adalah 58.89% pada siklus 1 pertemuan 2, persentase rata-rata nilai motivasi adalah 64,90%pada siklus 11 pertemuan 1, persentase rata-rata nilai motivasi adalah 70.90% pada siklus 11pertemuan 2, persentase rata-rata nilai motivasi adalah 80.00% Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode latihan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi sifat sifat bangun ruang di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat kec. Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Call Number: 372.2 Nas m
Keywords: Motivasi Belajar; Sifat Bangun Ruang; Metode Latihan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item