MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD N 060922 MEDAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2011/2012

Siburian, Meli Nurhayati (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD N 060922 MEDAN SUNGGAL TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311042 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311042 BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa di SDN. 060922 Medan Sunggal disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah, kurangnya pelaksanaan praktikum dan kurang tepatnya mengkombinasikan metode sehingga kurang menarik perhatian siswa atau kurang termotivasi dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen Pada Mata Pelajaran SAINS di kelas IV SDN 060922 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) dan Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 060922 Medan Sunggal yang berjumlah 40 orang siswa dengan jumlah laki-laki 16 orang siswa dan 24 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi dan angket. Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Kemudian diakhir siklus I dan II diberikan pretest I dan II. Berdasarkan analisis hasil angket pada Pada siklus I yang memiliki motivasi belajar dengan kategori rendah terdapat 22 orang siswa (55%), yang memiliki motivasi belajar kategori cukup sebanyak 12 orang siswa (30%), memiliki motivasi belajar yang tinggi sebanyak 2 orang siswa (5%), memiliki motivasi belajar dengan kategori sangat tinggi sebanyak 4 orang siswa (10%). Selanjutnya pada siklus II yang memiliki motivasi belajar dengan kategori rendah terdapat 2 orang siswa (5%), yang memiliki motivasi belajar kategori cukup sebanyak 3 orang siswa (7,5%), memiliki motivasi belajar kategori tinggi sebanyak 18 orang siswa (45%), memiliki motivasi belajar dengan kategori sangat tingi terdapat 17 orang siswa (42,5%). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran SAINS khususnya pada materi pokok energi bunyi (perambatan bunyi pada benda padat, cair dan gas). Oleh karena itu disarankan agar guru hendaknya menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran sains khususnya pada perambatan bunyi, dan guru hendaknya menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, WeslyUNSPECIFIED
Call Number: 372.2 Sib m
Keywords: Motivasi Belajar; Metode Eksperimen; Pelajaran sains
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6338

Actions (login required)

View Item View Item