UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 067691 MEDAN. T.A. 2011/2012

Fuziyanti, Sri Wahyuni (2012) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 067691 MEDAN. T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313350 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313350 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan Masalah Sosial di kelas IV SD Negeri 067691 Medan. T.A. 2011/2012?.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 32 orang siswa dengan perincian 12 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Model pembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran tipe STAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Objek penelitian ini adalah minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial dengan menerapkan model pembelajaran tipe STAD.Penelitian menggunakan dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan pratindakan untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya pada pokok bahasan Masalah Sosial. Kemudian di akhir siklus I dan Siklus II dilakukan penyebaran angket.Berdasarkan analisi data dijelaskan bahwa pada saat pratindakan rata-rata minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 18 orang siswa (56,25%), minat belajar tergolong sedang sebanyak 10 orang siswa (31,25%), minat belajar tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (12,5%). Pada siklus I minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 16 orang siswa (46,8%), minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 10 orang siswa (31,25%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 6 orang siswa (18,75%). Pada siklus II minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 0 orang siswa (0%), minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 6 orang siswa (18,7%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 26 orang siswa (81,3%).Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 067691 Medan. T.A. 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Type designerManalu, Effendi196005111986011002
Call Number: 372.2 Fuz u
Keywords: Pembelajaran;Belajar;Pembatasan;Minat; Masal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6334

Actions (login required)

View Item View Item