PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD SWASTA TUNAS HARAPAN TANJUNG ANOM KECAMATAN PANCUR BATU

Samura, Nurul Hidayah (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD SWASTA TUNAS HARAPAN TANJUNG ANOM KECAMATAN PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313251 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 BAB I.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313251 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Sains siswa pada materi sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis portofolio kelas IV SD Swasta Tunas Harapan Tanjung Anom Kecamatan Pancur Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian sebanyak 30 orang siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 20 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 70. Apabila nilai siswa kurang dari 70, maka siswa dikatakan belum tuntas. Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 30 orang siswa diperoleh 3 orang siswa (10%) yang mendapat nilai tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 27 orang (90%), selanjutnya pada siklus I naik menjadi 8 orang siswa (27%) yang mendapat nilai tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 22 orang (73%), pada siklus II dari 30 orang siswa diperoleh 27 orang siswa (90%) siswa mendapat nilai tuntas dan yang tidak tuntas hanya 3 orang (10%). Jadi dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains pokok bahasan sumber daya alam kelas IV SD Swasta Tunas Harapan Tanjung Anom Kecamatan Pancur Batu.Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: 372.2 Sam p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Portofolio; Hasil Belajar Siswa; Pelajaran Sains
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6327

Actions (login required)

View Item View Item